Bolt! 4G LTE di MacBook (OS X Mountain Lion / Maverick)

Bolt! 4G LTE, sebuah layanan internet yang ditawarkan oleh salah satu provider di Indonesia (PT. Internux) saat ini sedang hangat dibicarakan. Dengan teknologi generasi keempat 4G / LTE (long term evolution), kecepatan data transfer layanan ini bisa mencapai 72 Mbps atau 10x lebih cepat dari koneksi 3G/HSDPA (7.2Mbps).

Dengan desain modem yang compact dan dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga paket internet 3G/HSDPA produk operator-operator seluler, tentunya para mobile netter akan lebih memilih menggunakan layanan Bolt! ini. Kelemahannya cakupannya masih terbatas di area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Bolt-Mobile-WiFi-ZTE-MF90

Kemarin saya membeli modem BOLT! Mobile WiFi ZTE MF90. Dengan selisih harga hanya 100 ribu rupiah, saya lebih memilih modem tersebut dibanding BOLT! USB Modem ZTE MF825A karena bisa dibuat sebagai WiFi router sehingga bisa di-share ke beberapa perangkat berbasisi koneksi WiFi.

Untuk melihat status sinyal Bolt!, status batere, SD card, dan pengaturan modem, kita perlu menginstall softwarenya. Dengan menggunakan kabel USB data bawaannya, koneksikan modem Bolt ke port USB MacBook. Mac OS X akan secara otomatis mendeteksi penyimpanan data (internal storage) yang ada di modem.

bolt4g-setup-mac

Double-click file BOLT! 4G MF90 seperti pada gambar di atas untuk menginstall-nya. Jika instalasinya berhasil, otomatis kita akan dibukakan akses ke modem tersebut via web browser seperti gambar di bawah ini.

bolt4g-modem-status

Kita bisa lihat status sinyal Bolt! yang diterima, klien yang terkoneksi ke modem router tersebut, status batere, dain lainnya. Login dengan menggunakan password default ‘admin’ untuk melihat atau melakukan perubahan konfigurasi pada modem router.