Google Analytics adalah sebuah solusi untuk menganalisa website / blog yang memberikan informasi yang bermanfaat terhadap trafik website Anda. Peralatan ini sangat powerful, fleksibel dan mudah digunakan untuk melihat dan menganalisa data trafik website Anda dengan cara yang baru.

Dengan fitur Google Analytics yang kaya, Anda akan lebih siap untuk menulis artikel-artikel dan iklan-iklan yang lebih mempunyai target atau tujuan ke pembaca, memperkuat inisiatif marketing Anda and membuat website dengan konversi yang lebih tinggi.

Tulisan ini memaparkan bagaimana cara memasang Google Analytics di website / blog Anda sehingga dapat dimonitor dengan baik. Sebenarnya saat ini ada 2 (dua) versi antar muka Google Analytics, versi yang lama dan baru. Tutorial ini menggunakan Google Analytics versi baru.

Berikut adalah cara-caranya:

1. Daftar akun Google Analytics di http://www.google.com/analytics/ jika belum mempunyai akun-nya. Jika sudah silakan langsung login melalui url yang sama.

2. Klik ikon ‘Preferences/Settings’ yang bertanda gir di sebelah kanan atas tepat di bawah ‘Sign Out’

3. Kemudian klik ‘New Account’

4. Langkah selanjutnya adalah mengisi data website / blog yang akan dimonitor. Data tersebut meliputi nama akun, url website, zona waktu. Jangan lupa untuk men-check persyaratan dan ketentuan-nya. Setelah itu klik ‘Create Account’.

5. Selanjutnya adalah meng-kopi dan paste kode google analytics ke website. Jika Anda menggunakan WordPress seperti saya, maka buka file header.php di dalam folder themes Anda. Salin kode tersebut tepat sebelum </head> tag.

Tunggu beberapa hari supaya Google Analytics memonitor data trafik website Anda. Anda akan dapat melihat hasil monitor tersebut nantinya.